RSS

hidrosefalus

abinehanafi Filed Under: Label:
Bismillahirrahmanirrahim

Hidrosefalus adalah jenis penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan di dalam otak. Gangguan itu menyebabkan cairan tersebut bertambah banyak yang selanjutnya akan menekan jaringan otak di sekitarnya, khususnya pusat-pusat saraf yang vital.

Bisa jadi karena tersumbatnya aliran sehingga menganggu sirkulasi cairan di dalam otak, bisa juga karena produksi cairan yang berlebihan melebihi kemampuan otak untuk menyerap. Ketidak seimbangan antara produksi dan penyerapan akan menekan jaringan-jaringan otak termasuk tulang tengkorak. Tengkorak bayi di bawah dua tahun yang belum menutup akan memungkinkan kepala bayi tersebut membesar

Diantara penyebab bayi terkena penyakit ini adalah kondisi sang ibu ketika hamil. Keadaan fisiknya yang tidak fit kemudian terkena virus-virus disekitarnya. Bisa juga karena sang ibu terlalu banyak mengkonsumsi berbagai macam obat, termasuk multivitamin sementara asupan makanan yang bergizi justru kurang.

Dengan tehnologi sekarang, kondisi kepala bayi yang tidak normal dapat diketahui ketika masih dalam kandungan. Diperlukan pendampingan dari dokter secara intent sejak terdiagnosa mengalami hidrosefalus hingga proses kelahirannya, termasuk jika harus dilakukan pembedahan.

Pembedahan atau operasi dilakukan untuk "menanam" sebuah alat semacam selang untuk mengatur keseimbangan antara produksi dan penyerapan cairan dalam otak si bayi. Selang tersebut dipasang memanjang dari bagian otak sampai ke bagian perut. Selang ini diletakkan di bawah kulit sehingga tidak terlihat dari luar. Karena kegunaan selang ini bisa berlaku seumur hidup, maka bahan dari selang ini dipilih yang awet, lentur dan tentu saja tidak mudah putus.

Meskipun demikian ternyata operasi tidak menjamin kelangsungan hidup bayi setelah terdiagnosa penyakit tersebut. Banyak faktor yang mengiringinya, termasuk kepastian ajal seseorang di tangan Allah swt. Begitulah ketentuan takdir bagi seorang bayi bernama Fatimah Munnaya. Bayi berumur 7 hari tersebut lebih memilih kembali kepada Allah swt daripada hidup bersama berkumpul dengan kedua orangtua dan saudara-saudaranya usai dua hari menjalani operasi karena hidrosefalus. Innalillahi wa innailahi raji'un.

| edit post

0 Responses to "hidrosefalus"

Posting Komentar