RSS

Tujuan utama pendidikan Islam

abinehanafi Filed Under: Label:
Bismillahirrahmanirrahim

Apa sesungguhnya tujuan pendidikan dalam Islam? Terdapat tiga tujuan utama seorang anak murid dididik dalam sebuah lembaga pendidikan berkarakter Islam. Pertama adalah mengenal Rabbnya, kedua adalah mengenal nabinya, dan terakhir adalah mengenal agamanya. Inilah esensi utama pendidikan kita.

Mengenal Allah swt sebagai Rabb merupakan point paling penting dalam pendidikan Islam. Hal itu merupakan entry point bagi pondasi keimanan seorang manusia kepada keesaan dan kemaha kuasaan Allah swt. Selanjutnya melahirkan ketundukan dan ketaatan kepada seluruh syariat Allah swt.

Mengenal Allah swt dalam segala asma’ dan sifatnya, juga nama-namaNya yang baik (asmaul husna). Kesuksesan dalam fase ini akan menjadi landasan kokoh bagi penanaman benih-benih aqidah seseorang. Inilah hikmah Allah swt menurunkan surat al-Alaq 1-5 sebagai wahyu pertama kepada Rasulullah Muhammad saw untuk memberikan cakrawala pemahaman kepada beliau tentang keberadaan Rabb bagi manusia serta posisi masing-masing.

Surat al-Alaq memberikan pelajaran sangat berharga bagi seorang manusia untuk memahami konsep-konsep penting dalam dien ini. Tentu saja supaya tidak salah memilih jalan dan pegangan hidup.

“Bacalah dengan nama Rabbmu yang menciptakan. Ia menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan nama Rabbmu yang Maha Mulia. Yang mengajarkan manusia dengan qolam. Dia mengajarkan kepada manusia apa-apa yang tidak diketahuinya”. (Al-Alaq 1-5).

Membaca ayat tersebut paling tidak membuat kita memahami beberapa konsep dasar dalam Islam. Konsep-konsep itu meliputi; konsep Rabb/ketuhanan, penciptaan, hakekat manusia, filsafat Ilmu, alam, lahirnya kesaksian (syahadat) dan loyalitas.

Dengan ma’rifatullah tentunya diharapkan melahirkan pengabdian yang tulus dan murni hanya kepada Allah swt dalam segala aktifitas kehidupannya. Tidak berhenti sekedar mengerti wacana dan konsep teoritis tapi aplikasi amaliyyah. Ia mengerti fungsi dan tugasnya hidup di dunia dan siap untuk melaksanakan itu semua dalam rangka mencari keridhoan Allah swt.

Tujuan pendidikan Islam yang kedua adalah mengenalkan anak untuk mengenal para rasul utusan Allah swt, khususnya Rasulullah saw. Seorang anak murid diharapkan mengetahui keberadaan para utusan Allah swt beserta segala fungsi dan tugasnya sebagai penterjemah kehendak Allah swt kepada manusia, makhluk ciptaanNya.

Tujuan akhirnya adalah memberikan spirit kepada setiap anak murid untuk meneladani jejak hidup, perjuangan dan pengorbanan mereka dalam menegakkan dienul Islam. Lebih khusus tentu saja pola hidup Rasulullah saw sebagai uswah hasanah setiap pribadi muslim. Anak didik diharapkan memiliki kebanggaan dengan menjadikan Rasulullah saw sebagai sosok manusia agung yang wajib menjadikan perjalanan hidup beliau sebagai teladan dalam kehidupan.

Dengan demikian pribadinya tidak mengalami kebingungan dan perpecahan (spilt personality). Seorang muslim yang masih mengalami split personality biasanya terjadi pada orang-orang yang mengaku Islam dan umat Rasulullah Muhammad saw namun pola hidup dan perilakunya berbeda jauh dengan beilau, bahkan tidak jarang bertolak belakang. Penyebabnya diantaranya adanya kesalahan mengambil satu sosok figur sebagai panutan. Mereka lebih senang mengambil sosok itu tanpa melihat latar belakang agama dan perilakunya. Mungkin orang itu menonjol dalam bidang ilmu atau prestasi lainnya, namun secara akhlaq dan kepribadian ia rusak ataupun tercela.

Tujuan ketiga dalam pendidikan Islam adalah proses untuk mengenalkan anak murid kepada Islam. Pendidik harus mampu memberikan gambaran yang lengkap serta sempurna tentang dien ini. Para murid diharapkan memiliki pengetahuan cukup tentang jati diri dan karakter Islam sebagai satu-satunya agama yang mendapat ridho Allah swt.

Mereka mengetahui keunggulan dan keagungan Islam (ya’lu wala yu’la a’laihi). Bangga dengan jati dirinya sebagai seorang muslim. Kebanggaan itu mereka nampakan dalam pemikiran, penampilan, perbuatan, sikap dan tingkah laku setiap hari yang dapat dilihat manusia.


| edit post

0 Responses to "Tujuan utama pendidikan Islam"

Posting Komentar